The Spinning Dancer

Gambar di atas, diciptakan oleh Nobuyuki Kayahara dan disebut sebagai The Spinning Dancer atau the silhoutte illusion. Uniknya, perputaran gambar tersebut dapat berubah arah dengan posisi gerakan yang sama. Gambar tersebut bisa dilihat memutar searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Gambar ini hanyalah sebuah ilusi optik yang disebut a reversible / ambiguous image. Gambar seperti ini telah lama dipelajari ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi penglihatan dan bukan merupakan tes otak seperti yang dikemukakan oleh tabloid Australia bahwa Anda bisa menggunakan putaran arah penari sebagai indikasi apakah anda berotak kanan atau berotak kiri. 1

Awalnya saya melihat gambar ini berputar berlawanan arah jarum jam. Lalu saya mencoba untuk melihatnya berkebalikan arah. Memang cukup sulit untuk melakukannya apalagi saya memandangi gambar ini terus menerus. Lalu saya coba alihkan pandangan saya dan saya lihat lagi gambar ini dan saya melihat gambar ini berputar searah jarum jam. Cara lain bisa dengan memejamkan mata lalu melihat gambar itu lagi atau fokus pada bagian tertentu.

Spinning Dancer merupakan contoh dari apa yang disebut bistable perception. Sebagai objek yang dapat dilihat dalam salah satu atau dua cara. Sama halnya seperti ilusi The Necker Cube dan The Face-vase.

The Necker Cube

The Face-vase

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 The spinning dancer and the brain. http://greengabbro.net/2007/10/20/the-spinning-dancer-and-the-brain/

Parker-Pope, T. (2008, April 28). The truth about the spinning dancer. The New York Times, http://well.blogs.nytimes.com/2008/04/28/the-truth-about-the-spinning-dancer/index.html

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

